Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFODIRGAHAYU PAHLAWANKU 10 NOVEMBER 2015 “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku” » DIRGAHAYU SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1928 - 28 OKTOBER 2015 » Bupati SWM Terima Penghargaan "JKN AWARD" dari Kemenkes RI » Bupati SWM Terima Bintang Kehormatan LVRI Sebagai Penghargaan Atas Jasa-jasa Mengisi Kemerdekaan » Bupati Kepulauan Talaud Raih PengAnugrahan Good Goverment Award »

Pemkab Segera Patenkan Batu Akik Talaud

Bookmark and Share
Selasa, 26 Mei 2015 - 15:31:54 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 4680 » Daerah

Seusai memimpin Pembayaran Ganti Rugi sebagai konspensasi Pembebasan Lahan Jalan Nasional di Desa Tarun dan Tarun Selatan, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE dan rombongan menyempatkan diri untuk melihat langsung keberadaan pengrajin batu akik di Desa Tarun.

Bupati berdialog lama dengan pengrajin batu akik. Banyak hal yang di diskusikan, tentang jenis batu akik khas talaud, lokasi di dapatkannya batu akik, cara pembuatan dan permasalahan yang dihadapi selama ini. “Ternyata batu akik di Talaud ini bagus-bagus ya? Dari semua jenis bongkahan ini coba lihat mana yang bisa dijadikan batu akik khas talaud? Darimana saja kalian dpat batu ini? Coba sampaikan apa yang menjadi permasalahan kalian, kita akan pecahkan bersama,” ujar Manalip.

Lanjut kata Bupati yang energik itu. “Coba kalian buat yang bagus, nanti Pemerintah Daerah akan patenkan jadi produk asli talaud. Kedepannya kalau memungkinkan bisa kita jadikan souvenir khas Talaud dan dibagikan ke semua tamu-tamu daerah serta dijual resmi. Dinas Perindag, Koperasi dan UKM harus mendampingi usaha ini, secepatnya adakan peralatan pembuatan batu akik dan berikan modal usaha buat mereka.

Ronny pengrajin batu akik asal Tarun saat diskusi dengan Bupati mengatakan kaget dengan kunjungan ini. Sudah kurang lebih 200-250 buah yang sudah dibuat dan dibeli masyarakat. ”Saya benar-benar kaget dibuatnya. Semua bongkahan batu ini asal Talaud dan tidak ada yang berasal dari luar daerah. Ada 4 jenis batu akik yang bisa di patenkan jadi milik khas Talaud, yaitu jenis madu, atlas, tarine dan batik. Hanya sayangnya modal kita kecil. Padahal kalau batu akik ini dipoles lagi dengan serbuk intan, saya jamin batu akik Talaud tidak kalah dengan batu dari luar,” ujar Rony.

Pada kesempatan itu pula, Bupati langsung minta dibuatkan batu akik jenis madu, atlas, tarine dan batik  untuk bisa diperlihatkan ke tamu-tamu daerah yang datang nanti. (humas-talaud)

Berita Lainnya


Bupati Kab. Kepulauan Talaud

Sri Wahyumi Maria Manalip, SE

Wakil Bupati Kab. Kepl. Talaud

Petrus Simon Tuange, S.Sos, M.Si.
Kontak Admin
Online Operator HUMAS-1Operator HUMAS-1
Online Operator HUMAS-2Operator HUMAS-2
Statistik

665982

Pengunjung hari ini : 74
Total pengunjung : 87696
Hits hari ini : 211
Total Hits : 665982
Pengunjung Online : 4
Ip :54.81.73.2
Browser :
Web Link