Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFODIRGAHAYU PAHLAWANKU 10 NOVEMBER 2015 “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku” » DIRGAHAYU SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1928 - 28 OKTOBER 2015 » Bupati SWM Terima Penghargaan "JKN AWARD" dari Kemenkes RI » Bupati SWM Terima Bintang Kehormatan LVRI Sebagai Penghargaan Atas Jasa-jasa Mengisi Kemerdekaan » Bupati Kepulauan Talaud Raih PengAnugrahan Good Goverment Award »

Bupati Talaud dan Ketua AMAN Pimpin Musyawarah Adat Talaud

Bookmark and Share
Rabu, 01 Juli 2015 - 15:52:23 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 662 » Daerah

Melonguane, - Memperingati HUT Daerah ke 13 Tahun yang jatuh pada tanggal 2 Juli (besok, red), Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip, SE membuka secara resmi Musyawarah Adat. yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada pagi tadi Rabu (1/7). Acara sendiri bertempat di Pendopo Taman Kota (lapangan sangkdiman) Melonguane.

Musyawarah Adat yang mengambil tema ‘’Surimbuattu paratibbu taroda napunna, dingannu naunga turassa, wette maire-mabaidu anarammu aromonna pangapia taroda masaraung’’ ini dihadiri oleh Bupati Halmahera Utara (Halut)  Ir. Hein Namutemo, M.SP, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Ir. Adolf Binilang, TNI, Polri, DPRD, Forkopimda, Pejabat Tinggi Pratama, Toko Adat, Toko Agama, pejabat III dan IV yang ada di lingkup Pemda Talaud, serta rombongan Pemda Halut.

Dalam sambutannya, Bupati wanita pertama di Talaud mengatakan, penyelenggaraan Musyawarah Adat sebagai pelaksanaan adat leluhur ‘aramona suirene suwaide’ atau musyawarah muvakat yang dilakukan dalam mengambil keputusan, untuk tujuan memelihara kehidupan yang rukun dan damai ‘Matino maranga dan sejahtera ‘mauntu masomakka’. “Tujuan adat ini pula telah menjadi visi pemimpin daerah saat ini mewujudkan masyarakat rukun dan damai bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme,” tutur Bupati Familiar ini.

Dikatakannya pula, pelaksanaan dialog saat ini berada pada momentum penting disaat semangat mengisi hasil perjuangan pendahulu HUT Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-13 tahun yang jatuh pada tanggal 2 juli 2015. “saat ini Kabupaten Talaud sudah berotomisasi sesuai dengan undang-undang no 8 tahun 2002 tentang pembentukan Kabupaten Talaud. Dalam momentum menggembirakan, acara saat ini dihadiri oleh ketua aliansi masyarakat adat nusantara dalam hal ini, Bupati Halut Ir, Hein Namutemo,” tambah Bupati.

Oleh karena itu, Bupati mengakhiri sambutannya mengatakan, melalui dialog ini agar supaya bisa dilakukan dengan baik terlebih peserta yang hadir bisa mengikuti dengan serius. “Marilah kita dengan sungguh-sungguh mencucurkan keringat kita, ‘matingka sahadda, matingka wandu, mangapia taroda masaranaung’ membangun Talaud semakin cemerlang, mengejar ketertinggalan dengan semangat Sansiote-sampate pate,” tutup Manalip.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Halmahera Utara (Halut)  Ir. Hein Namutemo, M.SP selaku Ketua AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara dalam sambutannya mengatakan perlunya di Undang-undang yang mengatur tentang keberlangsungan Adat di Nusantara ini. Agar kehidupan adat nusantara dapat tetap eksis dan masyarakat adat bisa mendapat hak sesuai dengan amanat UUD 1945. “Keberlangsungan kehidupan Adat di Nusantara ini belum mendapatkan perhatian yang layak. Belum ada Undang-undang yang secara jelas mengatur tentang kehidupan adat. Sehingga masyarakat adat belum bisa mendapatkan haknya sebagaimana yang di amanatkan UUD 1945. Dalam pembahasan APBD, hampir setiap Daerah belum menyediakan anggaran yang layak untuk komunitas masyarakat adat. Saya berharap, kita semua bisa menjadikan komunitas masyarakat adat ini sebagai komunitas masyarakat yang lebih dihargai, agar kedepannya komunitas ini bisa hidup dengan layak dan sejahtera sesuai amanat UUD 1945”, tutup Bupati yang Low Profile ini. (humas-talaud)

Berita Lainnya


Bupati Kab. Kepulauan Talaud

Sri Wahyumi Maria Manalip, SE

Wakil Bupati Kab. Kepl. Talaud

Petrus Simon Tuange, S.Sos, M.Si.
Kontak Admin
Online Operator HUMAS-1Operator HUMAS-1
Online Operator HUMAS-2Operator HUMAS-2
Statistik

683523

Pengunjung hari ini : 56
Total pengunjung : 91867
Hits hari ini : 377
Total Hits : 683523
Pengunjung Online : 5
Ip :54.227.51.103
Browser :
Web Link