Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFODIRGAHAYU PAHLAWANKU 10 NOVEMBER 2015 “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku” » DIRGAHAYU SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1928 - 28 OKTOBER 2015 » Bupati SWM Terima Penghargaan "JKN AWARD" dari Kemenkes RI » Bupati SWM Terima Bintang Kehormatan LVRI Sebagai Penghargaan Atas Jasa-jasa Mengisi Kemerdekaan » Bupati Kepulauan Talaud Raih PengAnugrahan Good Goverment Award »

Semarak Perayaan HUT Daerah ke 13

Bookmark and Share
Sabtu, 04 Juli 2015 - 15:49:10 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 638 » Daerah

Melonguane -. Perayaan HUT Kabupaten Kepulauan Talaud ke 13 yang jatuh pada hari Kamis (2/7) sungguh semarak. Peringatan HUT yang di pusatkan di Melonguane (ibukota kabupaten, red) di awali dengan menaikkan Doa secara Adat pada pukul 05.00 pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan Upacara Bendera Memperingati HUT ke 13 pada pukul 08.00 wita. Upacara yang dikomandani langsung oleh Perwira Angkatan Laut tersebut terasa sangat hikmat. Tampak barisan TNI-AD, TNI-AL, Polri+Brimob, ASN berpakaian Hansip, ASN berpakaian ‘keki’, ASN berpakaian Korpri dan Siswa-siswi sebagai peserta upacara membentuk barisan sejajar dan sangat rapi.  Tribun kehormatan sendiri ‘diisi’ oleh Bupati Halmahera Utara dan Rombongan, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Talaud, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Ess. III, Penua Adat se Kabupaten Talaud, Tokoh-tokoh Agama, Kades se Kabupaten Talaud. Sedangkan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE tampil sebagai Inspektur Upacara.

Upacara bendera yang dilaksanakan dilapangan RuJab Bupati ini memberi kesan tersendiri. Karena baru kali ini Lapangan RuJab Bupati yang terletak di Kompleks Perkantoran Pemda dilaksanakan sebagai tempat Upacara Bendera. Diawali dengan masuknya barisan peserta upacara dan Lambang Daerah yang diiringi dentuman musik menambah hikmat suasana. Keheningan alam dan cuaca cerah pun seakan mengerti dengan moment kali ini.

Selesainya Upacara Bendera, Perayaan HUT ke 13 dilanjutkan dengan sidang paripurna di gedung DPRD Kab. Kepl. Talaud pada pukul 11.00 wita. Bupati Halmahera Utara Ir. Hein Namutemo, M.SP sendiri diundang khusus untuk mengikuti sidang paripurna ini (sebagai tamu kehormatan, red). Gedung sidang paripurna seakan ‘meledak’ karena tak mampu menampung peserta yang hadir. Sidang Paripurna diawali dengan lagu ‘Bagimu Negeri’ dan ‘Indonesia Raya’ yang dibawakan oleh Koor Jemaat Immanuel Beo membuat suasana luar biasa heningnya. Sidang terbuka kali ini terasa sangat spesial bagi para ‘kuli tinta’. Dimana selesainya sidang paripurna, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE menyempatkan waktu untuk wawancara dan foto bersama dengan para ‘kuli tinta’.

Syukuran HUT Daerah dimulai ketika waktu menunjukkan pukul 12.45 wita. Stand masing-masing SKPD yang mengelilingi lapangan upacara terlihat penuh sesak. Sedangkan Pentua adat (ratumbanua dan inanguwanua, red) se Talaud mendapat kehormatan untuk duduk di tribun bersama Bupati Halmahera Utara dan Rombongan, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Talaud, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Syukuran HUT kali ini terasa sangat kental dengan suasana adat. Dimana baik Susunan Acara, sambutan Bupati, doa dan lainnya di bawakan dengan bahasa daerah talaud.

Selesainya Syukuran HUT Daerah,  Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE dan rombongan mengunjungi Stand Dinas PerindagKop untuk Kegiatan Pasar Murah dan stand-stand pameran kecamatan di samping pendopo RuJab Bupati. Tampak stand Kecamatan Melonguane Timur menampilkan aneka makanan dan panganan yang terbuat dari sagu, Kecamatan Moronge menampilkan aneka tenunan kain karawang dengan bahan baku abaka, Kecamatan Kalongan menampilkan aneka aneka makanan dan panganan berbahan baku kenari.

Setelah mengunjungi stand pameran kecamatan, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE dan rombongan menyempatkan waktu untuk mengelilingi pameran batu akik. Semua meja pameran di perhatikan dengan seksama selama ± 2.5 jam. Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan bahwa semua batu akik ini sebentar akan dinilai oleh ahli batu dan nantinya akan ada pengumuman juara.

Ketika waktu menunjukkan pukul 17.10 wita, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE dan rombongan menuju ke Pantai Melonguane untuk Pembukaan Napombaru Festival 2015. Napombaru Festival 2015 sendiri sedianya dilaksanakan di Pulau Napombaru. Namun mengingat ± 2 minggu terakhir angin bertiup sangat kencang, sehingga dengan berbagai pertimbangan, lokasi di pindahkan di  Pantai Melonguane.

Malam harinya, dilaksanakan Malam Kekeluargaan Pemda HalUt dan Pemda Talaud yang bertempat di RuJab Bupati. Sedangkan di Pendopo RuJab Bupati pameran batu akik terus menyita perhatian masyarakat talaud. Dimalam tersebut tercatat pengunjung pameran batu akik berkisar antara seribu sampai seribu lima ratus orang.

Perayaan HUT Daerah kali ini tak hanya dilaksanakan tanggal 2 Juli 2015 (sehari saja, red). Namun selain pameran batu akik yang di perpanjang sampai hari sabtu (1-4/7, red), juga dilaksanakan lomba Sepakbola Mini/Futsal outdoor di Lapangan Sangkudiman Melonguane. Lomba Futsal sendiri diperuntukan bagi seluruh masyarakat dan ASN tanpa dipungut biaya. Selain itu, Dinas Kesehatan juga akan menyelenggarakan pengobatan gratis selama 3 hari (1-3/7, red). (humas-talaud)

Berita Lainnya


Bupati Kab. Kepulauan Talaud

Sri Wahyumi Maria Manalip, SE

Wakil Bupati Kab. Kepl. Talaud

Petrus Simon Tuange, S.Sos, M.Si.
Kontak Admin
Online Operator HUMAS-1Operator HUMAS-1
Online Operator HUMAS-2Operator HUMAS-2
Statistik

683525

Pengunjung hari ini : 56
Total pengunjung : 91867
Hits hari ini : 379
Total Hits : 683525
Pengunjung Online : 5
Ip :54.227.51.103
Browser :
Web Link