Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFODIRGAHAYU PAHLAWANKU 10 NOVEMBER 2015 “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku” » DIRGAHAYU SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1928 - 28 OKTOBER 2015 » Bupati SWM Terima Penghargaan "JKN AWARD" dari Kemenkes RI » Bupati SWM Terima Bintang Kehormatan LVRI Sebagai Penghargaan Atas Jasa-jasa Mengisi Kemerdekaan » Bupati Kepulauan Talaud Raih PengAnugrahan Good Goverment Award »

Ratusan Umat Kristiani Semarakkan Pawai Takbiran di Beo

Bookmark and Share
Rabu, 22 Juli 2015 - 12:04:39 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 688 » Daerah

Melonguane.-. Pandangan minoritas atau mayoritas, kecil atau besar ternyata tidak berlaku dalam indahnya kehidupan dan kerukunan antar umat beragama di Tanah Porodisa. Hal ini nyata terlihat saat pelaksanaan pawai takbiran yang dipusatkan di Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud dan dilepas oleh Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE dari depan masjid As-Syuhada, Kamis, (16/7) tengah pekan lalu.
 
Diawali dengan buka puasa bersama jemaah dengan Pemkab dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dimana Bupati menyempatkan untuk memberikan bantuan sebesar Rp.10 Juta kepada pengurus masjid As-Syuhada. "Kerukunan dan harmoni yang indah diantara sesama umat beragama sudah merupakan budaya dan gaya hidup orang talaud yang santun, ramah dan menghargai perbedaaan yang ada," ungkap Manalip yang sesaat kemudian melepas rombongan pawai takbiran.
Ratusan warga Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA) sebagai Denominasi Gereja terbesar di Talaud,  baik dari Kecamatan Beo dan sekitarnya serta dari Kecamatan Melonguane (sekira 40 KM dari Beo) yang sejak sore hari mulai berdatangan dan mendaftarkan diri ke panitia penyelenggara yang diketuai Haji Ahmad Jubair, lebur dalam sukacita kemenangan umat muslim setelah sebulan lamanya berpuasa.
Menurut Haji Ahmad Jubair selaku panitia pelaksana mengatakan, setiap pelaksanaan pawai takbiran pasti diikuti warga Kristiani. "Dari penyelenggaraan yang pertama kali sampai saat ini, warga dan rekan-rekan Kristiani selalu turut larut bersama kami. Ini bukti nyata kerukunan dan indahnya hidup bersama di Talaud," tutur Jubair atau sering disapa Haji Bai oleh warga.
 
Sementara puluhan pemuda GERMITA dari Kecamatan Melonguane yang juga turut ikut dalam pawai takbiran mengatakan, tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berpawai takbiran di Beo. "Disana banyak teman dan saudara kami yang merayakan hari kemenangannya dan kami juga ingin turut merasakan kegembiraan mereka," ujar Melky Alfrets tokoh pemuda asal Melonguane.
Mewakili rekan-rekannya Ia menambahkan, sebagai warga Talaud ia dan rekan-rekannya ingin kebersamaan dan kerukunan seperti ini terus terjaga dan terpelihara. "Sebagai generasi muda kami memiliki kewajiban untuk menjaga kerukunan kehidupan antar umat beragama. Harapan dan keyakinan kami Pemkab bersama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat akan selalu melakukannya," tutup Melky. (debe)

Berita Lainnya


Bupati Kab. Kepulauan Talaud

Sri Wahyumi Maria Manalip, SE

Wakil Bupati Kab. Kepl. Talaud

Petrus Simon Tuange, S.Sos, M.Si.
Kontak Admin
Online Operator HUMAS-1Operator HUMAS-1
Online Operator HUMAS-2Operator HUMAS-2
Statistik

683489

Pengunjung hari ini : 55
Total pengunjung : 91866
Hits hari ini : 343
Total Hits : 683489
Pengunjung Online : 4
Ip :54.227.51.103
Browser :
Web Link